Minggu, 19 Juli 2009

MANFAAT SENAM HAMIL

Senam kita tahu banyak memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh. Selain untuk membuat badan kita sehat, juga membuat kita selalu merasa segar terhindar dari sakit-sakit persendian dan pegal.

Dewasa ini, juga sudah ada senam yang di peruntukkan oleh ibu hamil yang ingin menjaga kondisi tubuhnya yang sedikit demi sedikit mulai berubah dikarenakan kehamilan yang semakin besar. Kondisi kehamilan yang semakin besar tentu membuat ibu-ibu merasa cepat lelah, sakit punggung, pinggang, dan bahkan mengalami pembengkakan di seluruh tubuh terutama kaki.

Oleh sebab itu saat ini di rumah sakit bersalin menyediakan fasilitas senam hamil yang dapat diikuti oleh ibu-ibu hamil. Tapi sebelum mengikuti senam hamil ini sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter apakah kondisi ibu baik untuk mengikuti senam hamil atau tidak.

Manfaat yang di dapat dari senam hamil diantaranya :
  1. Melatih pernafasan agar ibu dapat bernafas dengan baik sehingga dapat memberi oksigen yang cukup bagi bayi di kandungan.
  2. Mengendurkan setiap sendi-sendi yang kaku dan sakit akibat bertambahnya beban pada ibu hamil.
  3. Merenggangkan tekanan pada pinggul sehingga pinggul menjadi relaks dan tidak nyeri.
  4. Dapat menenangkan hati dan pikiran sehingga tubuh tidak stres dan bayi juga tidak stres.
  5. Membantu mengatasi perasaan sakit dan panik saat menjelang persalinan.
  6. Memudahkan persalinan normal sehingga tidak menimbulkan rasa sakit yang amat sangat, karena ibu sudah dapat melakukan pernapasan untuk mengejan dengan baik.

2 comments:

Hill mengatakan...

info yg bagus kawan :) nanti sy ksh tau sm calon istri

muhammad solehuddin mengatakan...

अच्छी जानकारी !! आपकी अगली पोस्ट का इंतजार नहीं कर सकता!
द्वारा टिप्पणी: muhammad solehuddin