Jumat, 26 Juni 2009

Tambal ban tubless dari dalam

  • Pasti sudah pernah dengarkan yang namanya tambal ban. Umumnya pasti untuk tambal ban yang bocor. Biasanya tambal ban yang sering kita lihat pasti tambal dari luar dengan di cari sumber kebocorannya dan di tusukan karet panjang kedalam ban yang bocor. Setelah itu ban sudah tidak bocor lagi kemudian ditambahkan angin sesuai dengan takaran ban tersebut.
  • Tapi baru-baru ini baru diketahui ternyata ada tambal ban tubless yang di lakukan di dalam ban yang bocor. Cara kerja tambal bannya juga berbeda dengan tambal ban biasa. tambal ban ini di lakukan didalam ban yang bocor. Caranya, ban di buka kemudian di kerok dalamnnya sampai keluar minyak-minyak licin serta kotoran dari ban dan di bersihkan semua sisa-sisa tambalan ban dari luar kalo ada. Setelah bersih ban yang bocor di beri lem khusus yang sangat kuat, lem buatan dari Jerman.
  • Kemudian ban yang telah dioleskan lem yang kuat itu di tunggu sampai kering sekali kurang lebih 30 menit - 40 menit. Setelah kering di tempel kan bahan yang sangat keras seperti karet tebal yang keras sekali. Bentuknya bulat besar. Selesai di tempel ban sudah dapat di gunakan. Menurut tukang tambal bannya, ini adalah tambal ban yang paling tahan dan awet.
  • Selain itu tambal ban di dalam ini sangat cocok untuk menambal ban yang kondisinya sudah terlalu parah. Karena lubang yang sangat besar tidak mungkin bisa kuat kalo hanya di tambal dari luar. Oleh sebab itu harga tambal ban dari dalam jauh lebih mahal dari harga tambal ban biasanya.
Demikian informasi tambal ban diatas. Mudah-mudahan bisa menjadi alternatif pilihan bagi para penguna kendaraan bermotor untuk menambal ban yang bocor. Mungkin juga ban yang selama ini di tambal dari luar masih bagus kondisi karetnya belum tipis bisa mencoba mengunakan tambal ban dari dalam sehingga ban tidak harus langsung di ganti dengan ban baru karena ban masih bisa dipakai untuk ban serep (ban cadangan).

4 comments:

Muklis mengatakan...

Wah info yang sangat menarik Mab Yessi, pengalaman pribadi nih kayaknya, adanya di daerah mana ya Mba, by the way salam kenal ya dari BBM, dan salam sukses tentunya

yessi ervina mengatakan...

thank uda berkunjung ke blogku.iya ini pgalaman pribadi,waktu itu lubang bannya ad 3 uda parah gede2, so tukang tambal bannya ga yakin kuat kalo tambal biasa. jadi usulin tambal ban yang dilem dari dalem. tambal bannya sih ada di pinggiran jalan kemayoran. mungkin stp tukang tambal ban tau kali. smg info ini bermanfaat yah. sukses juga bro.. kapan2 gue berkunjung lagi ke blog mu.

Hill mengatakan...

sipp...buat pengetahuan klo ban bocor neehh :D, thnxs bro....eh salah...thnxs mbak :D

Suara Petualang mengatakan...

Nice info nya yah..
kalo nambal Hati yang bocor pake apa yah...
hehehehhe..
piss...