Rabu, 03 Juni 2009

TRIK MENGHADAPI UJIAN

BAGI sebagian siswa, kata yang satu ini mungkin ibarat malapetaka. Apalagi bagi mereka yang tidak pernah atau malas belajar. Padahal ujian itu gampang dilalui, jika tahu trik-triknya. Berikut ini adalah tik-trik menghadapi ujian.

Pertama, perhatikan baik-baik keterangan guru di kelas. Ada berbagai macam cara beljar seorang siswa. Ada yang suka beljar hanya dengan mandengar informasi dari guru. Ada pula yang suka mencatat setiap informasi yang dikatakan guru.

Kemampuan daya ingat setiap orang berbeda-beda. Jika seorang siswa termasuk yang memiliki memori ingatan yang kuat, biasanya hanya cukup mendengarkan guru yang sedang menerangkan sudah cukup jelas. Namun, agar lebih jelas dan aman, sebaiknya siswa membiasakan diri mendengarkan sekaligus mencatat bagian-bagian yang penting dari penjelasan guru.

Kedua, cobalah belajar bersama teman-teman. Belajar sendiri tentu membosankan dan membuat mata mengantuk. Agar suasana lebih bersemangat, ajaklah teman-teman untuk belajar bersam-sama. Namun, yang perlu diingat adalah ajaklah teman yang pintar dan rajin. Hal ini untuk mengantisipasi agar belajar kelompok tidak berubah menjadi ajang bersenda gurau belaka.

Ketiga, sebaiknya siswa tidak membiasakan belajar "SKS" (Sistem Kebut Semalam). Belajar mati-matian sehari sebelum ujian berlangsung adalah "ritual" yang sering dilakukan siswa. Biasanya cara belajar seperti ini dilakukan siwa hingga larut malam.

Alih-alih materi ujian akan masuk ke dalam ingatan di kepala, yang ada hanya rasa lelah dan mengantuk saja. Oleh sebab itu, sebaiknya siswa membiasakan diri belajar atau sekadar membaca ulang materi yang pernah diajarkan guru. Sebab, jika suatu materi semakin sering dipelajari, maka materi tersebut akan tertanam di dalam ingatan.

2 comments:

Stenly Tirta Wijaya mengatakan...

Iya.. setuju... hehehe... :)

ei eboy mengatakan...

waahh,ei bgt niih..doakan ei iah!ntar tgl 1-2 juli mu ikutan snmptn..moga lu2s..