Jumat, 31 Juli 2009

Memilih Lensa

Lensa merupakan perangkat yang tidak dapat dilepaskan dari sebuah kamera SLR (single lens reflector). Berikut beberapa hal yang dapat diperhatikaan saat hendak memilih lensa.

  • Memperhitungkan kebutuhan. Bagi yang gemar dengan foto-foto lanscape maka lensa wide bisa menjadi pilihan. Sementara yang gemar foto dengan cropping ketat maka patut memilih lensa tele, atau lensa makro bagi yang suka detail pada obyek.
  • Bagi yang ingin memilih lensa zoom, dianjurkan untuk tidak memilih lensa dengan range yang terlampoau jauh karena mungkin kualitas gambar yang dihasilkan nantinya tidak akan maksimal.
  • Besaran diafragma. Bagi mereka yang sering mengambil yang bergerak cepat maka lensa dengan diafragma besar sudah selayaknya menjadi pilihan. Satu hal yang patut dicermati adalah bahwa semakin besar diafagma maka harga lensa akan semakin tinggi, demikian pula dengan bobotnya yang relatif lebih berat karena diafragma yang besar membutuhkan konfigurasi tambahan pada lensa.
  • Kalau budget yang dimiliki tidak terlampau besar, tak ada salahnya untuk memilih lensa third party yang umumnya dibanderol dengan harga relatif terjangkau.
(diambil dari harian kompas)

0 comments: