Jumat, 05 Juni 2009

Cara Alami Mengatasi Sulit Tidur

Tidur Berkualitas merupakan kondisi istirahat yang diidamkan setiap orang. Namun, di tengah kesibukan dan rutinitas bekerja, jam tidur kerap berkurang dan tidur tidak nyenyak. Efeknya, ketika bangun pagi badan terasa kurang fit, sering merasa mengantuk di siang hari, sulit berkonsentrasi, dan mudah pusing.
Sebenarnya, Waktu ideal untuk tidur sebanyak 6-8jam sehari. Namun, seiring bertambahya usia biasanya menjadi 4jam sehari dan tingkat pulasnya pun dapat berkurang. Hal ini masih normal terjadi dan belum tentu dikatergorikan sebagai insomnia.
Tidak hanya faktor usia, sulit tidur juga dapat disebabkan oleh efek samping obat. Misalnya, akibat mengkonsumsi obat anti hipertensi, obat steroid, dan yang mengandung kafein. Jika harus mengkonsumsi obat-obatan secara rutin, anda dapat menganti obat dari golongan berbeda tetapi memiliki manfaat serupa, tanpa ada efek samping sulit tidur.
Untuk membantu mengatasi sulit tidur, ada baiknya jika dimulai dengan mengatur hidup yang sehat. Keseimbangan antara olahraga teratur dan pola makan sehat serta lingkungan tempat tidur mempengaruhi kualitas istirahat di malam hari.
Olahraga diperlukan untuk menjaga stamina tubuh. Olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin, di pagi atau sore hari, dapat dimulai dengan olahraga sederhana, seperti jalan kaki. Jika harus membawa pekerjaan kantor ke rumah, sebaiknya berhentilah bekerja minimal satu jam sebelum tidur. Berikan tubuh dan pikiran anda relaksasi barang sejenak agar tidur terasa lebih nyenyak. Disamping itu, jam makan pun dapat menganggu kualitas tidur. Usahakan makan setidaknya 4 jam sebelum tidur dan kendalikan porsi makannya agar tidak terlalu kenyang. Sebaliknya, Tidur dengan perut lapar pun tidak disarankan karena kadar gula akan turun yang mengakibatkan efek pusing saat bangun di pagi hari. Hindari pula makanan yang mengandung kadar lemak tinggi, gula, dan protein di jam-jam menjelang tidur malam. Sebaliknya, untuk membuat tubuh teras lebih relaks, cobalah menyeruput minuman hangat, seperti teh, susu, atau segelas air hanggat yang di campur madu dengan takaran 2 teh sendok makan.
Terakhir, Faktor lain yang mempengaruhi kualitas tidur anda adalah lingkungan tempat anda tidur. Usahakan tempat tidur anda nyaman dan kamar tidur berventilasi baik, dan bersih.

5 comments:

hpNugroho mengatakan...

hai salam kenal juga ...
kalo sulit tidur mending pakai untuk update blog, ntar juga ngantuk sendiri

Hill mengatakan...

artikelnya bermanfaat sekali,thnxs info nya mbak, btw sudh di link back

Unknown mengatakan...

siip...salam balik...nh mba...
makasih ya...

Flash Template Design - Affiliate Program

Unknown mengatakan...

Ya...salam knla juga.....nih boleh infonya....wat saya yg liburan ini susah tidur...hehe........mapir lagi ya

How Much It Cost mengatakan...

wah cocok nih....aku paling susah tidur...sehari biasanya cuma 1-2 jam